Pusat Edukasi Stockist - Evermos

Contact Us

Panduan proses pesanan menggunakan RESI OTOMATIS pada Stockist Dashboard dan aplikasi Evermos Partner

Anda dapat menggunakan website Stockist Dashboard dan aplikasi Evermos Partner untuk melakukan manajemen penjualan, mulai dari proses sampai pengiriman pesanan. Berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk melakukan proses pesanan menggunakan resi otomatis:

 

Stockist Dashboard

       Resi otomatis


  1. Buka website Stockist Dashboard lalu login untuk mengakses brand dashboard anda.

  2. Klik menu Transaksi di sebelah kiri brand dashboard untuk memunculkan halaman transaksi anda.

  1. Pada halaman transaksi, pilih menu status ‘Belum Diproses’ untuk melihat daftar pesanan yang saat ini masih belum diproses.
    Untuk memproses pesanan, klik tombol Proses yang berada di kanan bawah transaksi. Setelah itu status transaksi akan berubah menjadi Diproses.

  1. Setelah paket telah siap untuk di-pick up, klik tombol ‘Buat Resi’ yang akan mengubah status pesanan secara otomatis berubah menjadi ‘Dikirim’.  Lakukan cetak label untuk di tempel pada pesanan yang telah dikemas, dan pesanan siap di pickup oleh kurir (pastikan saat klik tombol ‘Buat Resi’ paket telah selesai dikemas dan siap untuk dipickup oleh kurir).

     

    


Aplikasi Evermos Partner

       Resi otomatis

 

  1. Masuk ke aplikasi Evermos Partner dan pilih salah satu transaksi yang muncul di halaman utama dengan status ‘Belum Diproses’.

  1. Klik tombol ‘Proses’ dan status pesanan akan berubah menjadi ‘Diproses’.

 

  1. Jika barang sudah siap untuk di pickup, klik tombol ‘Buat Resi’ dan status transaksi akan berubah menjadi ‘Dikirim’. Silahkan tunggu pihak kurir pengiriman untuk menjemput paket ke alamat / lokasi anda. 



Pertanyaan seputar resi otomatis Evermos :

Q : Kurir mana saja yang bisa menggunakan resi otomatis di Evermos?

A : Saat ini kurir yang bisa menggunakan resi otomatis adalah JNE dan berlaku untuk semua layanan JNE.

 

Q : Apa saja syarat Stockist agar dapat menggunakan resi otomatis JNE?

A : Syarat untuk Stockist bisa menggunakan resi otomatis (JNE) adalah sebagai berikut : 

     - Stockist memilih kurir JNE sebagai kurir yang tersedia pada brand tersebut.

  - Mekanisme yang digunakan adalah penjemputan pesanan (pick up), yaitu setiap pesanan  menggunakan resi otomatis (JNE) wajib dipickup oleh kurir bukan diantar langsung ke counter (drop off)

     - Stockist diwajibkan menyiapkan bukti serah terima untuk pesanan yang dipickup oleh tim JNE.

        Contoh bukti serah terima (bisa di download di sini) : 

     - Stockist dianjurkan untuk menggunakan label JNE Evermos yang telah disediakan di brand dashboard / aplikasi Evermos Partner. Jika mengalami kendala, silahkan cantumkan beberapa informasi pada label pesanan, yaitu nomor resi dan ID akun evermos (80563300).


Pertanyaan yang sering ditanyakan

Q : Apa saja keuntungan menggunakan Resi Otomatis (JNE) di Evermos?

A : Keuntungan yang didapatkan oleh Stockist dengan menggunakan resi otomatis (JNE) adalah sebagai berikut : 

     - Stockist tidak perlu mengirimkan paket lagi ke gerai JNE, karena akan secara otomatis di pickup oleh tim JNE.

     - Reseller mendapatkan biaya ongkir yang jauh lebih murah untuk resi otomatis (JNE) untuk pengiriman di dalam Pulau Jawa, sehingga produk Stockist berpotensi terjual lebih banyak karena keuntungan biaya ongkir yang murah.

     - Menggunakan sistem cashless, sehingga Stockist tidak perlu melakukan pembayaran biaya ongkir di awal karena sudah ditanggung oleh pihak Evermos.                                                                                                                    

Q : Jika Stockist sudah bekerjasama dengan JNE sehingga proses pickup sudah biasa dilakukan oleh kurir JNE, apakah bisa tetap menggunakan resi otomatis Evermos?

A : Untuk Stockist yang ingin menggunakan fitur resi otomatis Evermos, seluruh pesanan diwajibkan untuk dipickup oleh tim JNE Evermos. Hal ini dikarenakan resi yang dibuat melalui sistem Evermos hanya dapat dikenali oleh tim JNE Evermos yang melakukan pickup.

 

Q : Kapan jadwal pickup orderan yang dilakukan oleh tim JNE?

A : Tim JNE akan melakukan pickup di antara pukul 15.00 - 21.00 WIB setiap harinya, pastikan paket telah siap dipickup oleh tim JNE di antara rentang waktu tsb.

 

Q : Apa yang harus dilakukan Stockist agar order dapat di pickup oleh tim JNE Evermos?

A : Stockist diharuskan melakukan proses orderan sampai klik tombol Buat Resi sebelum pukul 11.00 WIB setiap harinya agar orderan dapat di pickup di hari yang sama, namun jika orderan diproses setelah jam 11.00 WIB,  orderan tersebut akan di pickup di hari berikutnya.

     Catatan : 

    - Jika sejak pukul 11:00 hingga waktu kurir JNE melakukan pickup ada orderan lain yang telah selesai di proses, dibuat resi dan siap dikirim, maka orderan tersebut dapat diikutsertakan untuk dipickup oleh kurir JNE pada saat yang sama.

    - Stockist diharuskan untuk menyerahkan informasi hari libur dan jam tutup toko agar tim Evermos dapat menginformasikan ke tim JNE yang melakukan pickup sehingga proses pickup bisa dilakukan sebelum jam tutup toko.

 

Q : Bagaimana jika paket gagal pickup baik dikarenakan paket belum siap dikemas saat pickup atau tim JNE tidak datang untuk pickup?

A : Stockist wajib mengkomunikasikan permasalahan pickup melalui WA Grup Stockist dengan Evermos, agar tim Evermos dapat menindaklanjuti permasalahan tersebut.

 

Q : Bagaimana jika saat cetak label nomor resi atau order ID tidak muncul di label?

A : Pastikan sebelumnya brand sudah melakukan klik tombol Buat Resi untuk orderan tersebut dan status order sudah berubah menjadi Dikirim serta ada nomor resinya. Jika brand masih mengalami kendala silahkan hubungi tim Evermos agar dapat menindaklanjuti permasalahan tersebut

 

Q : Pengiriman dari dan ke mana sajakah yang sudah menggunakan flat ongkir?

A : Untuk saat ini, pengiriman yang sudah menggunakan flat ongkir adalah pengiriman dari dan ke seluruh Pulau Jawa, sehingga untuk pengiriman dari dan ke luar Pulau Jawa akan menggunakan tarif pengiriman normal.

 

Berikut terlampir link video tutorial JNE resi otomatis agar brand dapat lebih jelas memahami pemakaian fitur JNE resi otomatis :

Klik di sini untuk meihat video